Motivasi & Inspirasi

Sunday 5 March 2017

MENIKMATI KESENDIRIAN

Banyak orang yang berasumsi bahwa kebahagiaan hanya hadir apabila kita tidak sendiri. Namun menurut saya, bahagia itu tidak ditentukan oleh kehadiran seseorang, bahagia itu ditentukan oleh diri kita sendiri tentang bagaimana kita menyikapi keadaan yang terjadi. Tapi tidak sedikit orang yang merasa aneh ketika melihat temannya yang memilih untuk sendiri agar mendapatkan kebahagiaan. Hingga mereka selalu bertanya bagaimana bisa seseorang merasa bahagia dengan kesendirian?

Tidak ada yang salah dari pertanyaan tersebut. Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan bersama, ketika kita sedang sendiri yang kita rasakan hanyalah kesepian yang selalu menemani kita. Bahkan kita sering sekali merasakan galau karena terkadang kesendirian itu selalu saja membawa pikiran kita pada moment masa lalu yang pada akhirnya menahan kita untuk melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat. Namun bukan berarti kesendirian tersebut kita terima begitu saja dengan cara berpasrah diri, bersedih-sedih, tidak ada manfaatnya sama sekali. Banyak sekali waktu yang terbuang akibat kesendirian kita. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam kesendirian kita. Dalam tulisan singkat ini, berikut Coffee Break.IF merangkum beberapa hal yang dapat kita lakukan sembari menikmati kesendirian yang tidak selalu ditemani oleh kesepian. 

1. Menulis

Menulis apa yang kita rasakan adalah satu hal yang menarik dan akan membuat kita merasa lebih nyaman dalam hari-hari kita. Ada beberapa website yang saya baca bahwa kesendirian bisa memicu munculnya ide cemerlang pada otak. Ada baiknya jika kita lebih memanfaatkan keadaan seperti ini untuk mencari inspirasi tentang apa yang ingin kita tuliskan. Kita bisa memotivasi orang lain dengan pengalaman yang kita tulis atau dengan cara kita sendiri selama itu masuk akal untuk dicontoh. Kita juga bisa memanfaatkan blog atau website untuk mempubikasikan hasil tulisan kita. Bukan hanya kenyamanan yang kita dapat, melainkan kita juga pasti akan bahagia melihat pembaca yang termotivasi dari tulisan kita sendiri. Tulislah apa yang kamu rasakan hingga kamu merasakan sesuatu yang belum pernah kamu rasakan dan tulislah apa yang kamu rasakan selama kertas tidak bosan untuk ditulis.
 
2. Meyakinkan Diri Sendiri

Keyakinan di dalam diri akan membuat kita menjadi sosok yang jauh lebih baik dari yang kita inginkan. Yakinkan pada hati kita masing-masing bahawa kesendirian bukanlah hal yang dapat menghalangi kita untuk merasakan kebahagiaan. Usahakan untuk tidak meminta pendapat siapapun selama diri kamu mampu menjadi penasehat dan motivator bagi dirimu sendiri.

3. Introspeksi Diri

Seperti yang kita ketahui bahwa wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik. Perbaiki diri mu sendiri dari kesalahan-kesalahan yang memang kamu sadari. Ketika kamu menyadari kesalahan mu sendiri, sertai juga untuk memperbaiknya. Semakin kita sibuk memperbaiki diri, Allah Ta’ala juga akan sibuk memperbaiki jodoh mu. Karena jodoh itu dibentuk bukan disibukkan untuk mencarinya kemana-mana.  


Quotes :
“Sikapi apapun yang terjadi dalam kesendirianmu, jangan biarkan kebahagiaan melewatimu begitu saja tanpa mampir di dalam hatimu. Karena kesendirian yang kamu rasakan belum tentu hatimu sepenuhnya merasakan sepi” –Iqbal Fahrezi--

1 comment: